***** Welcome to Official Website of KKN POSDAYA Team Purwokerto Village ***** Selamat Datang di Website Resmi Tim KKN POSDAYA Desa Purwokerto *****

Rabu, 08 Februari 2012

Pelaksanaan dan Peningkatan Kegiatan Yasinan Keliling (Bapak)





Pelaksanaan dan Peningkatan Kegiatan Yasinan Keliling (Bapak)
a. Nama kegiatan : Kegiatan Yasinan Keliling (pa)
b. Inisiator kegiatan : Ahmad Syukur
c. Tempat : Rumah anggota Jam’iyah Yasinan
d. Waktu : Kamis, 19.00 – 21.00 Wib


Dalam kehidupan bermasyarakat diperlukan adanya sebuah perkumpulan bersama anggota masyarakat sebagai wahana dan media penyampaian informasi, berbagi rasa dan aspirasi. Perlunya perkumpulan yang semacam ini didasarkan pada karakteristik masyarakat khususnya masyarakat Desa Purwokerto yang masih sangat erat rasa kekeluargaan serta rasa saling memiliki satu sama lain. Secara umum terdapat perkumpulan-perkumpulan warga masyarakat yang mampu mengumpulkan warga masyarakat yang ada di Desa Purwokerto. Namun, bentuk perkumpulan-perkumpulan yang ada umumnya merupakan perkumpulan yang memiliki tujuan tertentu diluar tujuan untuk penyampaian aspirasi masyarakat, atau dengan kata lain perkumpulan yang ada mengakomodasi kepentingan dari perkumpulan yang ada tersebut.

Diperlukan adanya sebuah perkumpulan yang secara intensif dan berkelanjutan mampu menyedeiakan alokasi waktu bagi masyarakat untuk menyampaikan segala bentuk aspirasi masyarakat dan dilaksanakan berdasarkan asas kekeluargaan dengan memperhatikan segala kepentingan masyarakat Desa. Perkumpulan yang semacam ini sangat sesuai dengan perkumpulan yang berbasis kegiatan keagamaan dan religius. Dikarenakan, kegiatan religius dan Kegiatan Keagamaan yang mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat sekaligus memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi segenap anggota masyarakat untuk menyampaikan segenap aspirasinya dalam keadaan yang tenang.

Di Desa Purwokerto, telah terdapat perkumpulan masyarakat yang berbasis Kegiatan Keagamaan dan Kegiatan Religius yakni Perkumpulan Kegiatan Yasinan Keliling. Kegiatan yasinan Keliling terbagi Ke dalam 2 kelompok, yakni Kelompok Ibu-ibu dan Kelompok Bapak-Bapak. Tim KKN Posdaya UMK berorientasi pada pengembangan dan pemanfaatan kegiatan Yasinan Keliling ini secara maksimal, sehingga keikutsertaan Tim KKN Posdaya UMK dalam setiap kegiatan Yasinan diarahkan kepada penginventararisasi dan identifikasi masalah yang dimiliki oleh masyarakat Desa Purwokerto serta berusaha untuk memberikan solusi serta pemecahan masalah sesuai dengan kemampuan Tim KKN Posdaya UMK. Pemecahan Masalah yang diberikan oleh Tim KKN Posdaya UMK merupakan Pemecahan masalah yang bersifat Jangka Pendek dan Jangka Panjang.

Kegiatan Yasinan Keliling untuk Kelompok Putra atau Bapak-Bapak dilaksanakan setiap Kamis Malam Jum’at, di rumah anggota Jam,iyah Yasinan secara bergiliran. Pelaksanaan Kegiatan Yasinan Keliling dilaksanakan pada Jam 19.00 – 21.00 Wib, dengan ditambahkannya sharing bersama warga masyarakat anggota Jam’iyah Yasinan bersama Tim KKN Posdaya Universitas Muria Kudus. Penentuan tempat pelaksanaan dilakukan dengan cara undian yang telah disusun oleh penyelenggara. Keseleuruhan anggota Jam’iyah Yasinan Keliling Putra atau Bapak-bapak sejumlah 30 orang. Pelaksanaan Kegiatan Yasinan Keliling ini seminggu sekali sesuai dengan kesepakatan bersama anggota Jam’iyah Yasinan Keliling. Secara Umum Sebagian besar anggota Jam’iyah Yasinan keliling ini menyambut baik kehadiran tim KKN Posdaya UMK dalam setiap kegiatan Yasinan Keliling untuk membantu masyarakat dalam memberikan pemecahan masalah serta pencerahan bagi warga masyarakat utamanya mengenai pengetahuan baru yang belum mereka pahami.


KKN Posdaya UMK 2011/2012

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India