***** Welcome to Official Website of KKN POSDAYA Team Purwokerto Village ***** Selamat Datang di Website Resmi Tim KKN POSDAYA Desa Purwokerto *****

Rabu, 08 Februari 2012

Penyuluhan Ibu Hamil tentang Makanan Pendamping (MP) ASI





Penyuluhan Ibu Hamil tentang Makanan Pendamping (MP) ASI
a. Nama kegiatan : Penyuluhan Makanan Pendamping (MP) ASI
b. Inisiator kegiatan : Fina Agustina P
c. Tempat : Posyandu Anggrek II, Desa Purwokerto
d. Waktu : Rabu, 11 Januari 2012. 09.00 – 10.30


Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan Gizi yang sangat penting bagi bayi, utamanya bayi yang baru lahir. Karena ASI merupakan makanan utama yang nilai gizinya tak dapat tergantikan oleh makanan yang lainnya. Ibu Hamil hendaknya telah memiliki pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya Air Susu Ibu (ASI) memiliki peranan yang sangat penting dalam tumbuh Kembang seorang Bayi. Kemauan seorang Ibu hamil untuk memberikan ASI eksklusif kepada sang bayi juga menjadi sorotan yang penting dalam tumbuh kembang seorang Bayi. Secara umum Air Susu Ibu memiliki Peranan yang sangat penting dalam tumbuh Kembang seorang Bayi.

Dewasa ini, seiring dengan perkembangan zaman dan waktu ditambah dengan kegiatan serta etos kerja guna pemenuhan kebutuhan hidup yang tinggi, pemberian ASI eksklusif saja dianggap masih kurang mampu memenuhi kebutuhan gizi secara utuh terhadap seorang Bayi. Dengan keadaan yang demikian ini, maka diperlukan adanya sebuah jenis makanan Pendamping yang dapat membantu melengkapi dan meningkatkan Kualitas Gizi yang diberikan oleh seorang Ibu kepada bayinya disamping Pemberian ASI eksklusif secara intensif. Masih banyak warga desa, utamanya masyarakat Desa Purwokerto yang memberikan asupan Gizi kepada bayi-bayi mereka dengan asupan gizi yang kurang atau cenderung seadanya. Hal ini dapat berakibat pada kurangnya
gizi yang diserap seorang bayi, sehingga dampak akhirnya akan membawa Pertumbuhan dan perkembangan bayi yang lambat atau kurang.

Pengetahuan serta Kesadaran masyarakt masih kurang tentang pentingnya asupan Gizi tambahan atau Makanan Pendamping ASI guna memenuhi kelengkapan gizi seorang bayi. Masyarakat beranggapan, bahwa dengan pemberian ASI saja sudah cukup, tanpa pemberian makanan Tambahan yang bergizi. Jika ada masyarakat yang memberikan makan tambahan pun, jenis makanan tambahan yang diberikan terkesan seadanya, kurang sesuai dengan keadaan bayi atau bahkan memiliki kandungan gizi yang rendah. Ini menunjukkan masyarakat secara umum belum paham, tentang bagaimana cara memberikan asupan tambahan atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi-bayi mereka.

Diperlukan adanya suatu usaha penyadaran masyarakat tentang pentingnya memberikan asupan gizi tambahan atau Makanan Pendamping ASI yang mampu meningkatkan serta melengkapi kebutuhan gizi seorang Bayi. Diharapkan dengan usaha penyadaran masyarakat ini akan memberikan dampak positif berupa lebih pahamnya masyarakat terutama kaum ibu hamil untuk memberikan ASI eksklusif dengan didampingi Makanan Tambahan yang bergizi. Tim KKN Posdaya Universitas Muria Kudus menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan untuk Ibu Hamil tentang Pentingnya Makanan Pendamping (MP) Air Susu Ibu.

Kegiatan Penyuluhan ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Posyandu yang dilaksanakan Oleh Tim Medis dari Puskesmas Kecamatan Kayen. Kegiatan Penyuluhan Makanan Pendamping ASI ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 11 Januari 2012 dengan peserta penyuluhan adalah keseluruhan anggota Posyandu Anggrek II Desa Purwokerto. Kegiatan Penyuluhan dilaksanakan selama 1 jam dan 30 menit sisanya dimanfaatkan untuk kegiatan tanya jawab dengan warga masyarakat tentang Makanan Pendamping ASI. Tanggapan tentang kegiatan penyuluhan ini sangat baik, dapat dilihat dengan banyaknya peserta penyuluhan serta banyaknya pertanyaan yang diberikan oleh Peserta Penyuluhan ini.


KKN POsdaya UMK 2011/2012

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India