***** Welcome to Official Website of KKN POSDAYA Team Purwokerto Village ***** Selamat Datang di Website Resmi Tim KKN POSDAYA Desa Purwokerto *****

Rabu, 08 Februari 2012

Pendirian Taman Baca Masyarakat "Sumber Ilmu"





Pendirian Taman Baca Masyarakat (TBM) Sumber Ilmu
a. Nama kegiatan : Pendirian Taman Baca Masyarakat
b. Inisiator kegiatan : Muh. Rifky Kurnia Rahman
c. Tempat : Masjid Al-Hidayah, Desa Purwokerto
d. Waktu : Setiap Hari


Secara umum pengetahuan masyarakat Desa Purwokerto tentang segala perkembangan informasi hanya bersumber pada perlengkapan elektronik yang berupa televisi. Dapat dikatakan minat dan keinginan masyarakat Desa untuk mendapatkan informasi dari sumber-sumber lain sangat kurang. Masyarakat Desa Purwokerto, sebagai masyarakat area pegunungan memang memiliki etos kerja serta kegiatan di persawahan atau ladang yang cukup tinggi. Dimana waktu pagi dan sore hari masyarakat sebagian besar berada di persawahan atau tegalan untuk mengurusi serta bercocok tanam. Itulah mengapa televisi menjadi satu-satunya sumber informasi yang dapat masyarakat gunakan.

Tidak salah memang jika masyarakat memanfaatkan televisi sebagai sumber informasi, tetapi perlu adanya sumber informasi tambahan yang dapat meningkatkan pengetahuan sekaligus meningkatkan kegiatan dan kebiasaan positif bagi masyarakat, terutama bagi kalangan remaja yang masih bersekolah dan menuntut ilmu. Sehingga nantinya diharapkan pengaruh-pengaruh negatif dari televisi tidak terlalu banyak berpengaruh bagi perkembangan keilmuan dan pengetahuan masyarakat pelajar.

Tim KKN Posdaya UMK berorientasi pada pengembangan kebiasaan positif yang tidak memiliki pengaruh negatif bagi masyarakat. Dalam hal ini, tim KKN Posdaya UMK mendirikan sebuah taman baca masyarakat yang bernama “Sumber Ilmu”, yang berlokasi di Masjid Al-Hidayah Desa Purwokerto. Pemilihan Lokasi Taman baca Masyarakat (TBM) didasarkan pada mobilitas masyarakat yang tinggi pada pagi dan sore hari, menjadikan sebagian besar masyarakat hanya akan mengunjungi masjid untuk beribadah pada malam hari, yakni pada saat sholat magrib dan isya’. Sehingga, secara langsung masyarakat yang datang ke masjid dapat membaca dan menikmati buku yang telah disediakan oleh Tim KKN Posdaya. Buku-buku yang disediakan meliputi buku-buku pengetahuan umum, serta pengetahuan keagamaan sejumlah kurang lebih 100 buku, yang diharapkan dapat bermanfaat dalam perkembangan keilmuan dan pengetahuan keagamaan masyarakat. Taman Baca Masyarakat ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa setiap harinya, selama masyarakat masih dan ingin mengunjungi masjid, maka masyarakat dapat memanfaatkannya.


KKN Posdaya UMK 2011/2012

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India