***** Welcome to Official Website of KKN POSDAYA Team Purwokerto Village ***** Selamat Datang di Website Resmi Tim KKN POSDAYA Desa Purwokerto *****

Rabu, 08 Februari 2012

Perintisan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ)



Perintisan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)
a. Nama kegiatan : Perintisan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)
b. Inisiator kegiatan : Zainuddin
c. Tempat : Masjid Al-Hidayah, Desa Purwokerto
d. Waktu : Sabtu – Kamis, 15.30 – 16.30 Wib

Taman Pendidikan Al-Qur’an memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting sebagai pusat pembelajaran dasar membaca dan menulis Al-Qur’an. Masyarakat Desa Purwokerto secara umum masih membutuhkan adanya pengajaran dan pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an mulai dari tingkat dasar sampai dengan tingkat akhir. Pengetahuan dan Kemampuan masyarakat Desa Purwokerto dalam bidang baca tulis Al-Qur’an masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Pengembangan yang dimaksudkan adalah pengembangan sumberdaya manusia Desa Purwokerto, utamanya adalah anak-anak generasi muda Desa yang nantinya akan melaksanakan tugas pembangunan dan pengembangan Desa Mereka.

Pengamatan tim KKN Posdaya UMK di Desa Purwokerto dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an masyarakat Desa Purwokerto, khususnya anak-anak usia Pendidikan Dasar masih Kurang. Maka, diperlukan adanya sebuah wadah pendidikan untuk proses pengajaran baca Tulis al-Qur’an. Wadah pendidikan yang demikian ini lazim disebut Lembaga Pendidikan Al-Qur’an atau umum masyarakat Indonesia mengenal Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan sebuah wadah Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an yang memiliki Peran dan fungsi untuk meningkatkan kemambuan Baca Tulis Al-Qur’an bagi semua peserta didiknya.

Tahun 2010 yang lalu, Desa Purwokerto telah memiliki Taman Pendidikan Al-Qur’an yang bertempat di Masjid Desa. Namun, Karena kekurangan tenaga pengajar, maka TPQ yang sudah ada tersebut kemudian terbengkalai dan tidak berjalan. Hingga tim KKN Posdaya diterjunkan di Desa Purwokerto TPQ tersebut masih terbengkalai dan tidak terdapat kegiatan pembelajaran sama sekali. Tim KKN Posdaya UMK bekerjasama dengan pihak Desa dan Ta’mir Masjid al-Hidayah Desa Purwokerto, mencoba untuk merintis Kembali keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an yang dulunya menjadi Pusat Kegiatan Pembelajaran baca tulis al-qur’an tersebut. Persiapan administrasi dan sosialisasi dilaksanakan oleh tim KKN dengan cepat diharapkan TPQ yang dimaksudkan akan segera terwujud.

Minggu Pertama penerjunan Tim KKN Posdaya UMK, telah terbentuk tim pelaksana pengajaran TPQ yang dipelopori oleh Tim KKN. Pengajaran dimulai dengan pengajaran oleh Tim KKN dan nantinya akan dilanjutkan oleh Pengajar-pengajar yang telah terpilih untuk mengajar di TPQ. Pengajaran di TPQ dimulai pada jam 15.30 sampai dengan 16.30 pada setiap hari Sabtu sampai dengan hari Kamis. Hari Jum’at merupakan Hari libur. Bersamaan dengan pelaksanaan pengajaran kepada anak-anak Desa Purwokerto, tim KKN juga mencari dan menyeleksi pengajar-pengajar yang nantinya akan meneruskan pengajaran TPQ sepeninggal tim KKN ditarik kembali oleh Universitas. Minggu kedua tim pengajar telah terbentuk dan telah siap untuk mengajar anak-anak. Pengajaran TPQ menggunakan sistem Yanbu’a dan terbagi ke dalam 5 Jilid, mulai dari Jilid 1 sampai dengan jilid 5. Tempat pelaksanaan pengajaran sepenuhnya berlokasi di Area Masjid Al-Hidayah Desa Purwokerto. Disampinng pengaajaran Yanbu’a untuk baca tulis al-qur’an, juga Tim menambahkan adanya pelajaran tajwid dan do’a-do’a pendek untuk menambah khasanah keilmuan para peserta didik. Disamping itu, selama 1 bulan berada di Desa purwokerto, tim KKN juga memberikan pelatihan kepaada para pengajar TPQ tentang bagaimana cara mengajar anak-anak TPQ yang baik dan benar serta beberapa tambahan keilmuan tentang tajwid dan lain sebagainya. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jum’at siang jam 1 selepas sholat Jum’at.


KKN Posdaya UMK 2011/2012

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India